SMA NEGERI 1 KARANGMOJO

Coyudan, Ngipak, Karangmojo, Gunungkidul

SMA N 1 Karangmojo Raih Penghargaan Sekolah Adiwiyata Nasional

Minggu, 16 April 2023 ~ Oleh admin ~ Dilihat 222 Kali

SMA N 1 Karangmojo berhasil meraih Penghargaan sebagai Sekolah Adiwiyata Nasional tahun 2022.

Bertempat di Auditorium Dr. Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta (01/12/2022), Wakil Menteri LHK, Alue Dohong mewakili Menteri LHK, memberikan Penghargaan Sekolah Adiwiyata Mandiri dan Adiwiyata Nasional Tahun 2022 ini kepada Kepala SMA N 1 Karangmojo Ibu Siti Zumrotul Arifah, S.Pd, M.Pd.

Pemerintah melalui KLHK RI  memberikan apresiasi terhadap sekolah yang telah berhasil melaksanakan Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (PBLHS). 

Gerakan PBLHS mendorong aksi kolektif di sekolah agar seluruh warga sekolah secara sadar dan sukarela, berjejaring dan berkelanjutan menerapkan perilaku ramah lingkungan hidup yang meliputi aspek kebersihan, fungsi sanitasi, dan drainase; pengelolaan sampah; penanaman dan pemeliharaan pohon/tanaman; konservasi air; konservasi energi, dan inovasi terkait penerapan perilaku ramah lingkungan hidup lainnya berdasarkan hasil identifikasi potensi dan masalah lingkungan hidup.

Penilaian Calon Sekolah Adiwiyata Mandiri dan Nasional Tahun 2022 diikuti oleh 789 sekolah dari 27 provinsi. Setelah dilakukan seleksi administrasi, penilaian dokumen dan verifikasi lapangan secara sampling, maka dapat ditetapkan bahwa Sekolah Adiwiyata Mandiri sebanyak 94 sekolah dari 17 provinsi dan Sekolah Adiwiyata Nasional sebanyak 305 sekolah dari 24 provinsi.

Pada kesempatan itu juga dilaksanakan ”Talkshow Success Story Inovasi Penerapan Perilaku Ramah Lingkungan Hidup (PRLH) di Sekolah Adiwiyata” dengan narasumber dari  3 (tiga) sekolah Adiwiyata Mandiri 2022 yaitu,   SMAN 6 Yogyakarta, Kota Yogyakarta; SMP Astra Agro Lestari, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah dan SDN 1 Tri Harjo, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung.

Diharapkan Penghargaan Adiwiyata Tingkat Nasional ini menjadi motivasi dan semangat untuk terus berkomitmen dengan Gerakan PBLHS di SMA N 1 Karangmojo menuju SEKOLAH ADIWIYATA MANDIRI, yang merupakan Penghargaan tertinggi pada PBLHS ini.

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT