SMA NEGERI 1 KARANGMOJO

Coyudan, Ngipak, Karangmojo, Gunungkidul

Tiga Siswa SMAN 1 Karangmojo mengikuti Pelatihan Pendidikan Dasar Calon Anggota Saka Kalpataru Tahun 2023

Kamis, 11 Mei 2023 ~ Oleh admin ~ Dilihat 268 Kali

Tiga siswa SMAN 1 Karangmojo mengikuti Pelatihan Pendidikan Dasar Calon Anggota Saka Kalpataru tahun 2023. Pelatihan yang diadakan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gunungkidul tersebut dilaksanakan pada hari Sabtu dan Minggu, 15-16 April 2023 di Rumah Makan Bu Wiwik Mulo, Wonosari.

Peserta yang hadir dari SMAN 2 Wonosari, SMAN 2 Playen, SMAN 1 Karangmojo dan SMKN 3 Wonosari dengan total 24 calon anggota saka kalpataru. Perwakilan siswa  SMAN 1 Karangmojo yang mengikuti pelatihan tersebut antara lain, Harits Naufal Ismail, Afif Damar Wangsa Wedono, dan Alfiza Alvin Alghazali.

Hari pertama diawali dengan upacara pembukaan, selanjutnya diisi dengan materi pengenalan saka kalpataru, krida perubahan iklim, krida 3R serta krida keanekaragaman hayati.

Selain materi tersebut, pada pelatihan hari pertama calon anggota saka kalpataru juga melakukan praktek. Krida 3R praktek dengan 3 kegiatan yaitu membuat kompos, membuat eco enzym, dan kerajinan dari daur ulang plastik. Krida keanekaragaman hayati melakukan praktek nya yaitu menanam bibit pohon di polybag, serta presentasi. Kegiatan pelatihan hari pertama ini ditutup dengan pelantikan Anggota Saka Kalpataru Putra.

Hari kedua pelatihan diisi dengan kegiatan jalan pagi menuju IPAL Domestik komunal, penanaman pohon serta pemungutan sampah di Telaga Serpeng. Pelatihan hari kedua ini ditutup dengan pelantikan Anggota Saka Kalpataru Putri.

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT