SMA NEGERI 1 KARANGMOJO

Coyudan, Ngipak, Karangmojo, Gunungkidul

Pemilihan Ketua OSIS SMA N 1 Karangmojo Periode 2022/2023

Jum'at, 14 Oktober 2022 ~ Oleh admin ~ Dilihat 205 Kali

Tahapan-tahapan pemilihan Ketua OSIS dimulai dari pemilihan calon ketua OSIS yang dipilih dari peserta didik kelas X dan XI, yang mempunyai kecakapan dan jiwa kepemimpinan. Para calon ketua OSIS menyampaikan visi dan misi untuk menjelaskan program kerja yang akan dilakukan.

Tibalah saatnya SMA Negeri 1 Karangmojo menggelar pemilihan ketua OSIS masa bakti 2022-2023 dengan sistem seperti pemilihan umum (Pemilu), Kamis (13/10). Kegiatan yang digelar di GOR Aswana Sahwahita tujuannya, untuk memberikan pendidikan demokrasi dan pengetahuan sejak dini tentang tata cara pemilu bagi para siswa. Dalam pemilihan ini, seluruh warga sekolah berhak menggunakan suaranya untuk memilih termasuk guru dan karyawan.

Sebelum mencoblos, puluhan siswa nampak mengantre untuk mengisi daftar hadir dan menerima surat suara dari kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS). Surat suara tersebut isinya adalah foto kandidat, lalu para siswa pun menuju bilik suara untuk melakukan pencoblosan.

Setelah mencoblos, siswa melipat surat suara seperti semula. Selanjutnya, surat suara dimasukan ke kotak suara. Sebelum meninggalkan lokasi pemungutan suara, KPPS memberikan tanda berupa tinta di tangan pemilih agar tidak ada yang memilih lebih dari satu kali.

Akhirnya sampai pada saat yang ditunggu yaitu penghitungan suara. Penghitungan suara juga dilaksanakan seperti Pemilu. Setiap calon mengirimkan saksi untuk memantau jalannya penghitungan suara. Pembina OSIS dan panitia pelaksanaan pemilihan ketua OSIS memastikan proses demokrasi di sekolah melalui pemilu ketua OSIS dilakukan secara Luber Jurdil (Langsung, Bersih, Rahasia, Jujur dan Adil).

 

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT