SMA NEGERI 1 KARANGMOJO

Coyudan, Ngipak, Karangmojo, Gunungkidul

SMA N 1 Karangmojo mengadakan Donor dan Cek Darah dalam rangka HUT ke-39

Jum'at, 11 Nopember 2022 ~ Oleh admin ~ Dilihat 217 Kali

Jum’at, 4 November 2022, SMA N 1 Karangmojo mengadakan donor dan cek darah. Donor dan cek darah ini dilakukan dalam rangka HUT ke-39 SMA N 1 Karangmojo.

Kegiatan ini dilakukan di Joglo SMA N 1 Karangmojo. Antusias warga sekolah dapat dilihat dengan banyaknya siswa, guru, dan karyawan yang mengikuti kegiatan tersebut.

Kegiatan donor dan cek darah dilakukan dengan bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Gunung Kidul.

Dari pelaksanaan kegiatan donor dan cek darah ini, didapatkan ada 279 orang yang mengikuti cek golongan darah. Sedangkan untuk donor darah ada 19 pendaftar, yang memenuhi syarat kesehatan dan bisa berdonor 10 orang.

Selain bersifat mulia dan untuk menjaga supaya tidak kehilangan kepedulian sosial, mendonorkan darah ternyata bermanfaat bagi kesehatan tubuh pendonor. Antara lain, mengurangi kelebihan zat besi dalam tubuh, menurunkan resiko terkena penyakit jantung, membuat badan lebih sehat dan bugar. Menyumbangkan darah memungkinkan terjadinya pergantian darah baru sehingga metabolisme tubuh menjadi lancar.

Tubuh akan terpacu memproduksi sel-sel darah baru, sedangkan sel-sel darah merah mengoksigenisasi dan mengangkut sari-sari makanan. Dengan demikian fungsi darah menjadi lebih baik sehingga donor menjadi sehat. Selain itu, kesehatan pendonor akan selalu terpantau karena setiap kali donor dilakukan pemeriksaan kesehatan sederhana dan pemeriksaan uji saring darah terhadap infeksi yang dapat ditularkan lewat darah.

  

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT