SMA NEGERI 1 KARANGMOJO

Coyudan, Ngipak, Karangmojo, Gunungkidul

Semarak Wisuda Purna Siswa SMA Negeri 1 Karangmojo Tahun Pelajaran 2022/2023

Kamis, 18 Mei 2023 ~ Oleh admin ~ Dilihat 328 Kali

SMA Negeri 1 Karangmojo menggelar acara wisuda pelepasan siswa-siswi kelas XII di GSB Aswana Sahwahita SMAN 1 Karangmojo, Rabu (17/05/2023).

Wisuda Purna Siswa tahun 2022-2023 bertema ”Langkah Pasti Wujudkan Insan Mandiri dan Berbudi Pekerti”. Acara ini merupakan agenda rutin SMA Negeri 1 Karangmojo yang dilaksanakan setiap tahun dan bertujuan memberikan penghormatan dan perpisahan yang layak bagi para siswa yang telah menyelesaikan pendidikan mereka di SMA Negeri 1 Karangmojo, serta sebagai simbolis pihak sekolah menyerahkan kembali siswa kepada orang tua/walinya.

Acara wisuda dan purna kelas XII yang dibawakan oleh MC Ibu Siti Nurchayati, S.Ag, M.A. dan Bapak Maman Nurjaya, S.Pd, M.M. ini dihadiri oleh beberapa tamu undangan dari unsur pengawas sekolah, Kepala Balai Pendidikan Kab.Gunungkidul, komite sekolah, perangkat desa, rekanan sekolah, perwakilan alumni dan orang tua siswa yang hadir untuk memberikan dukungan dan ucapan selamat kepada siswa-siswi kelas XII yang baru saja menyelesaikan pendidikannya.

Acara dibuka oleh sambutan dari Kepala Balai Pendidikan Kab. Gunungkidul, Bapak Dwi Agus Muchdiharto S.H., M.A.  Lagu Indonesia Raya dan Mars SMA Negeri 1 Karangmojo menjadi susunan acara berikutnya. Dilanjutkan Laporan Ketua Panitia Wisuda Purna Siswa yang disampaikan oleh Ibu Pratiwi Ekoriyani, S.Pd.

Kepala SMA Negeri 1 Karangmojo, Ibu Siti Zumrotul Arifah, S.Pd, M.Pd. dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat kepada para siswa yang telah menyelesaikan pendidikan mereka di SMA Negeri 1 Karangmojo. Ibu kepala sekolah juga memberikan motivasi dan harapan agar para siswa dapat mengukir prestasi di masa yang akan datang..

Sekolah memberikan penghargaan dalam wisuda ini kepada siswa yang telah berprestasi selama menempuh pendidikan di SMA N 1 Karangmojo. Beberapa siswa yang diberi penghargaan, yaitu Jelita Widiaji, kelas XII MIPA 2, sebagai siswa peraih nilai tertinggi peminatan MIPA. Puspita Ayuningtyas Kelas XII MIPA 4 sebagai peraih Juara 1 Lomba Krida Saka Bhakti Husada Kab. Gunungkidul. Magdalena Shinta Nugroho Kelas XII MIPA 2 juga masuk sebagai siswa berprestasi dari program IPA.

Sedangkan Tito Hanafi kelas XII IPS 1 sebagai siswa peraih Juara 1 LCC Sejarah Tk Kab. Gunungkidul; Juara 4 LCC Sejarah Tingkat Provinsi; Juara 3 OSN Geografi Tingkat Kabupaten yang juga telah diterima di UNY Prodi Pendidikan Sejarah. Alya Fadila Kelas XII IPS 1 siswa berprestasi yang telah diterima di UNY Prodi Pendidikan Bahasa Inggris. Tyas Ananda Putri dari Kelas XII IPS 3 juga menjadi siswa berprestasi yang menerima penghargaan.

Prosesi wisuda purnasiswa menjadi agenda utama. Prosesi ini dilakukan dengan memanggil nama siswa satu persatu untuk naik ke panggung guna menerima samir yang dikalungkan oleh kepala sekolah dan dilanjutkan menerima raport dari masing-masing wali kelas.

Dalam sebuah acara tidak lengkap rasanya tanpa hiburan yang ditampilkan. Tari tradisional, solo vocal, dan paduan suara ditampilkan dari para siswa SMA Negeri 1 Karangmojo. Ada pula pemutaran trailer video Catatan Akhir Sekolah dari para siswa kelas XII untuk ditonton bersama pada akhir acara.

Agenda sambutan berlanjut dari Pengawas Pembina SMA Negeri 1 Karangmojo, Bapak Komet Sudarsono, M.Pd. Kemudian sambutan dari perwakilan Komite Sekolah SMA Negeri 1 Karangmojo. Pidato wakil wisudawan disampaikan oleh Jelita Widiaji. Nurul Rahmawati  menjadi perwakilan membaca ikrar janji alumni yang diikuti seluruh alumni kelas XII. Acara ditutup dengan doa bersama.

Wisuda hari ini menjadi momen yang sangat berkesan bagi para siswa, orang tua, dan guru serta karyawan  di SMA Negeri 1 Karangmojo. Para siswa merasa bangga dan bahagia karena telah berhasil menyelesaikan pendidikan mereka di SMA Negeri 1 Karangmojo. Orang tua merasa senang dan bangga melihat anak-anak mereka meraih prestasi di sekolah. Guru-guru juga merasa bangga melihat para siswa yang mereka didik berhasil mencapai titik ini.

Dalam kesempatan ini, kami mengucapkan selamat kepada para siswa kelas XII SMA Negeri 1 Karangmojo. Semoga prestasi yang telah diraih menjadi bekal untuk menghadapi masa depan yang lebih gemilang. Dan bagi siswa yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, semoga sukses dalam mengejar cita-cita dan meraih mimpi-mimpi mereka.

  

  

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT