SMA NEGERI 1 KARANGMOJO

Coyudan, Ngipak, Karangmojo, Gunungkidul

PERPUSTAKAAN VIDYA ADHI PUSTAKA MENYELENGGARAKAN WORKSHOP LITERASI INFORMASI

Senin, 09 September 2024 ~ Oleh admin ~ Dilihat 18 Kali

Perpustakaan memiliki peran penting dalam meningkatkan literasi masyarakat, termasuk melalui kegiatan literasi informasi. Oleh karena itu, Perpustakaan Vidya Adhi Pustaka SMA N 1 Karangmojo mengadakan workshop tentang literasi informasi.
Literasi informasi merupakan serangkaian keterampilan yang dibutuhkan untuk menemukan, mengambil, menganalisis, dan menggunakan informasi. Literasi informasi terkait langsung dengan pembelajaran seumur hidup, berpikir kritis, dan belajar untuk mempelajari konsep pendidikan.
Workshop Literasi Informasi dilaksanakan pada Kamis, 22 Agustus 2024 di Lab. Komputer dan diikuti oleh 40 anak perwakilan dari masing-masing kelas X dan kelas XI.
Narasumber Workshop Literasi ini adalah pustakawan perpustakaan Vidya Adhi Pustaka SMA N 1 Karangmojo yaitu Galih Sayekti Rahmad, S.I.Pust.. Dalam workhop ini disampaikan materi tentang pengetahuan perpustakaan secara umum, tugas dan kegiatan perpustakaan beserta sistem yang digunakan di perpustakaan, dan materi tentang literasi informasi beserta peran perpustakaan sebagai sumber literasi di sekolah.
Workshop literasi informasi ini bertujuan memberikan bekal keterampilan bagi siswa agar dapat mengenali jenis informasi apa saja yang diperlukan, meningkatkan pengetahuan peserta tentang sumber informasi dan cara mengaksesnya, meningkatkan kemampuan peserta dalam mencari, mengevaluasi, dan menggunakan informasi, dan meningkatkan minat baca siswa.

  

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT