SMA NEGERI 1 KARANGMOJO

Coyudan, Ngipak, Karangmojo, Gunungkidul

Uji Publik Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP) SMA Negeri 1 Karangmojo Tahun Pelajaran 2023/2024

Jum'at, 23 Juni 2023 ~ Oleh admin ~ Dilihat 1020 Kali

Selasa, 20 Juni 2023, SMAN 1 Karangmojo melaksanakan uji publik KOSP (Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan) bagi Kurikulum Merdeka yang akan dilaksanakan pada tahun ajaran 2023/2024.

Uji publik merupakan agenda rutin tahunan yang menjadi awal tahun ajaran baru guna mensosialisasikan struktur program kurikulum kepada seluruh warga sekolah serta anggota masyarakat. Hal ini dimaksudkan untuk  penyempurnaan gagasan yang telah terhimpun, dengan adanya uji publik diharapkan dapat mengetahui struktur draft dari peraturan yang diterapkan sehingga publik dapat memberi saran atau kritik yang bersifat konstruktif.

Kegiatan yang dilaksanakan di Ruang Ava ini dihadiri oleh seluruh guru dan karyawan SMAN 1 Karangmojo, perwakilan pengurus OSIS, Komite Sekolah, dan dihadiri pula oleh Kepala Balai Pendidikan Menengah Gunungkidul Bapak Dwi Agus Muchdiharto, S.H., M.A.

Mengawali sambutanya, Kepala SMA Negeri 1 Karangmojo Ibu Siti Zumrotul Arifah, S.Pd,M.Pd. menuturkan Uji Publik ini adalah rangkaian dalam proses penyusunan KOSP yang harus dilalui sebelum pengesahan. 

Sambutan selanjutanya oleh  Kepala Balai Pendidikan Menengah Gunungkidul Bapak Dwi Agus Muchdiharto, S.H., M.A., beliau memberikan pengarahan, pembinaan dan motivasi kepada seluruh guru dan karyawan SMAN 1 Karangmojo yang membangun demi kemajuan SMA Negeri 1 Karangmojo, baik dari segi kurikulum, maupun dalam bidang lain seperti peningkatan penegakan kedisiplinan siswa, program-program dan rencana jangka pendek dan jangka panjang, serta apresiasi terhadap pencapaian SMA Negeri 1 Karangmojo baik dalam hal akademik maupun prestasi-prestasi lain. Pada kesempatan ini juga Kepala Balai Pendidikan Menengah sekaligus membuka Rapat Kerja Tahun Pelajaran 2023/2024.

Dalam uji publik ini, selain mendengarkan pemaparan materi dari narasumber utama yaitu Bapak Maman Nurjaya,S.Pd, M.M. terkait kurikulum, peserta juga diberikan kesempatan untuk menyampaikan pertanyaan, usulan, serta kritik dan saran untuk struktur dan program dari kurikulum yang disampaikan. Tanggapan pertama oleh Ketua Komite. Saran dan masukan dari perwakilan siswa dan pengurus OSIS juga ditampung dan ditanggapi, terkait metode-metode belajar yang mereka inginkan, serta materi-materi tambahan atau pengayaan yang akan mendukung studi lanjut mereka di jenjang berikutnya.

  

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT