SMA NEGERI 1 KARANGMOJO

Coyudan, Ngipak, Karangmojo, Gunungkidul

Kegiatan Eduwisata di Hutan Jati Mini SMA N 1 Karangmojo

Rabu, 02 Nopember 2022 ~ Oleh admin ~ Dilihat 206 Kali

Eduwisata yang ada di SMA N 1 Karangmojo mengaktualisasi lingkungan sekolah sesuai dengan visi dan misi untuk mencapai wujud sekolah ramah anak, bebas polusi dan penuh prestasi. Sejalan dengan konsep pendidikan dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan Ristek dan Teknologi, tentang merdeka belajar termasuk di dalamnya adalah konsep merdeka sekolah. Jiwa merdeka pada diri anak dibangun tidak hanya dari wilayah pengembangan intelektual dengan menajamkan otak kiri semata. Bagian penting dari sisi kemanusiaan anak pada bagian otak kanan juga lebih urgen ditumbuhkembangkan. Jadilah mereka pribadi yang cerdas otak dan hati serta memiliki daya terapan yang mumpuni. Mewujudkan itu perlu dukungan lingkungan sekolah yang sehat, asri, menyenangkan dan inspiratif di samping kecukupan infrastruktur lain.

Keindahan kawasan eduwisata tidak hanya bisa dinikmati oleh warga sekolah SMA N 1 Karangmojo saja. Orang tua murid, secara umum masyarakat, lembaga-lembaga pemerintah dan swasta, organisasi, turut menikmati dan mendukung keberadaan inovasi ini. Beberapa kali SMA N 1 Karangmojo ditempati berbagai kegiatan instansi, organisasi profesi dan kunjungan lain dari lembaga luar sekolah.

Kawasan Eduwisata SMA N 1 Karangmojo dipakai untuk penguatan karakter OSIS Se-Gunung Kidul. Pada kesempatan lain yaitu pada tanggal 14-15 Oktober 2022 juga Eduwisata SMA N1 Karangmojo digunakan untuk perkemahan MI Muhammadiyah Munggur.

Kunjungan dari lembaga dan instansi tidak hanya untuk melihat bagaimana keberadaan sekolah eduwisata tetapi juga melihat layanan yang ada di SMA N 1 Karangmojo.

 

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT