SMA NEGERI 1 KARANGMOJO

Coyudan, Ngipak, Karangmojo, Gunungkidul

Kirab Budaya Peringati Hari Jadi Ke-269 Daerah Istimewa Yogyakarta

Jum'at, 22 Maret 2024 ~ Oleh admin ~ Dilihat 116 Kali

Peringati Hari Jadi Ke-269 Daerah Istimewa Yogyakarta, SMAN 1 KARANGMOJO Gelar Kirab Budaya
Kamis, 7 Maret 2024 dalam rangka memperingati hari jadi kota Daerah Istimewa Yogyakarta ke -269 SMAN 1 Karangmojo ikut menyemarakkan dengan melaksanakan kegiatan kirab budaya dengan tema "Maju sejahtera, berkelanjutan, dijiwai, kebudayaan dan keistimewaan DIY. Hal ini dilakukan sesuai surat edaran dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga DIY Nomor: 400.14.1.1/4414, tentang peringatan Hari Jadi Daerah Istimewa Yogyakarta.
Kirab budaya menjadi hari yang sangat dinantikan oleh seluruh warga SMAN 1 Karangmojo, karena sejak pagi suasana sekolah sudah dipenuhi dengan semangat dan antusiasme yang luar biasa. Para siswa-siswi sibuk berdandan kostum tradisional sesuai tema yang ditentukan oleh masing-masing kelas yang sudah disiapkan beberapa hari sebelumnya, seperti Thoklik, Jathilan, Limbukan, Jaranan, Bregada, Dolanan anak, dan Tari Tradisional sebagai simbol penghormatan dan kecintaan mereka terhadap Daerah Istimewa Yogyakarta yang sedang merayakan hari jadinya guna menyemarakkan acara tersebut.
Pukul 07.30 pembukaan kirab budaya di awali dengan apel yang dipimpin oleh Ibu Siti Zumrotul Arifah, S.Pd., M.Pd selaku kepala sekolah SMAN 1 Karangmojo. Melalui sambutannya beliau menyampaikan bahwa kirab budaya ini bertujuan juga untuk penanaman karakter untuk murid agar turut menjaga dan melestarikan budaya budaya Jogjakarta sebagai suatu bentuk semangat mencintai budaya daerah.
Kirab budaya ini diikuti oleh Kelas X dan Kelas XI beserta guru dan karyawan dengan menggunakan pakaian Gagrak Ngayogyakarta. Setelah apel maka para siswa, guru, dan karyawan bergerak bersama-sama mengikuti rute yang telah ditentukan, yaitu dari SMAN 1 KARANGMOJO kemudian di Perempatan Srimpi ke barat dan ke Balai Desa Ngipak. Selain kirab, SMAN 1 Karangmojo juga menggelar berbagai macam lomba yang diikuti seluruh seluruh siswa.
Harapan dari kegiatan kirab budaya dalam rangka peringatan hari jadi DIY ke-269 itu menjadi semangat bagi para siswa, guru dan masyarakat untuk melestarikan budaya Jogja dengan caranya masing-masing.

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT